8 Rekomendasi Coworking Space Terbaik di Jakarta Selatan

By in Blog

Jakarta merupakan tempat lahirnya berbagai startup besar di Indonesia. Dibandingkan dengan kota-kota lain di Indonesia, infrastruktur di Jakarta cenderung lebih cepat berkembang. Tidak mengherankan apabila Jakarta sering menjadi tuan rumah bagi banyak acara startup. Demi memfasilitasi pertumbuhan startup tersebut, berbagai coworking space pun bermunculan di Jakarta.

Nah, bagi Anda yang tinggal atau bekerja di area Jakarta Selatan dan sedang mencari tempat untuk belajar, berkolaborasi, berbisnis, sekaligus mengembangkan startup Anda, beberapa rekomendasi coworking space berikut ini bisa Anda jadikan sebagai alternatif yang oke.

Cre8

Ada dua opsi yang bisa Anda pilih jika ingin bekerja di Cre8, yaitu membership untuk pemakaian bulanan dan walk-in untuk yang ingin menyewa tempat secara harian. Namun, apabila ingin bekerja dengan privasi lebih di tempat yang agak sepi, Anda bisa menyewa Private Office yang disediakan oleh Cre8. Sebagai tambahan, Cre8 juga menawarkan fasilitas Virtual Office Service dan Event Space. Agar para coworkers bisa bekerja dengan kenyamanan maksimal, Cre8 menyediakan lounge, bar, ruang pertemuan, dan mini library. Tidak ketinggalan minuman gratis serta televisi dan proyektor yang bisa Anda gunakan apabila harus melakukan presentasi.

Freeware Spaces

Di Freeware Spaces, Anda bisa memilih area Shared Working Stations untuk bekerja secara kolaborasi atau Private Office Space jika membutuhkan suasana yang lebih personal. Berlokasi di kawasan Kemang, coworking space satu ini menjadi rumah bagi banyak pelaku startup dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, fashion, sampai hiburan. Beberapa startup yang tercatat sebagai anggota dan alumni Freeware Spaces adalah Maskoolin, Brodo, dan Konsaato.

Salah satu keunggulan Freeware Spaces adalah adanya sesi sharing yang diselenggarakan secara rutin. Di acara ini, Freeware Spaces akan mengajak para coworkers untuk membahas topik tertentu dan terkadang bahkan menghadirkan pembicara terkenal dari industri startup. Acara ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menjalin koneksi dengan para entrepreneur, pegiat startup, hingga investor.

Koléga

Ada dua cabang Koléga yang bisa Anda kunjungi di Jakarta Selatan, yakni Koléga Tebet dan Koléga Senopati. Apabila Koléga Tebet sudah mulai beroperasi sejak 1 Agustus 2015, maka Koléga Senopati baru resmi buka pada bulan Maret 2016 lalu. Koléga Tebet hanya menyediakan dua jenis ruangan utama, yaitu ruang kerja dan event. Namun, di Koléga Senopati, Anda juga bisa menggunakan Dedicated Room jika ingin bekerja di meja personal, dan juga Office Suit. Meski menawarkan fasilitas yang berbeda, baik Koléga Tebet dan Senopati sama-sama bisa memuat sekitar 60 hingga 70 orang. Keduanya juga menyediakan fasilitas Wi-Fi, loker pribadi, minuman gratis, dan ruang rapat bagi para coworkers.

TierSpace

Diluncurkan pada pertengahan bulan Januari 2015 lalu, TierSpace menawarkan dua ruang kerja yang berbeda bagi para coworkers-nya, yaitu coworking space dan private office suite. Di area coworking space, TierSpace menyediakan workspace dengan ruang rapat berkapasitas 5-8 orang, koneksi Wi-Fi, Skype booth, dan lain sebagainya. Sementara itu, area private office suite bisa disebut sebagai ruang kantor kecil yang berisi kursi, meja, dan beberapa perlengkapan lain. Ruangan ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan tim kecil beranggotakan 2-5 orang.

Tidak hanya itu, coworking space yang terletak di kawasan Jalan Bakti ini juga menyediakan banyak fasilitas lain untuk memaksimalkan kenyamanan para coworkers. Beberapa di antaranya adalah loker pribadi, printer, mesin fotokopi, scanner, dapur, peralatan kantor, hingga minuman.

Conclave

Selain area bekerja, Conclave juga memiliki perpustakaan, ruang konferensi, dan auditorium yang bisa menampung hingga 125 orang. Coworking space satu ini menawarkan paket keanggotaan yang cukup bervariasi dari harian, bulanan, dan tahunan. Dengan mendaftar sebagai anggota, Anda bisa menikmati fasilitas seperti loker pribadi, layanan printing, koneksi Wi-Fi, dan espresso. Conclave juga kerap mengadakan berbagai event yang jadwalnya bisa Anda lihat di kalender digital pada situs mereka.

CoWorkInc

Pada tahun 2015, ada cukup banyak coworking space yang diluncurkan. Salah satunya adalah CoWorkInc yang terletak di kawasan Jalan Kemang, Jakarta Selatan. Didirkan oleh Cynthia Satrya dan lima rekannya pada bulan Mei 2015, CoWorkInc tidak hanya ditujukan untuk startup, tetapi juga terbuka bagi freelancer, komunitas, dan para pelaku dari industri lain.

Dengan luas mencapai 350 meter persegi, CoWorkInc menyediakan ruang kerja seluas 200 meter persegi, dua ruangan rapat dengan kapasitas untuk enam dan delapan orang, loker, koneksi Wi-Fi, dan serangkaian fasilitas lainnya. Tidak hanya itu, CoWorkInc juga bekerja sama dengan Common Grounds Coffee untuk menyediakan fasilitas kafe. Untuk memfasilitasi kebutuhan networking dan kolaborasi, CoWorkInc cukup rutin menyelenggarakan berbagai macam event, baik event yang diadakan CoWorkInc sendiri maupun bekerja sama dengan pihak ketiga.

EV Hive

Dengan luas mencapai 250 meter persegi, ada dua tipe ruang kerja yang ditawarkan oleh EV Hive, yaitu private space dan shared space. Apabila private space memiliki kapasitas sekitar 10 bangku dan biasanya ditujukan untuk para pegiat startup, maka shared space menyediakan area yang lebih luas karena meliputi indoor dan outdoor. Sama seperti coworking space lain, EV Hive juga menyediakan berbagai fasilitas seperti koneksi Wi-Fi, loker pribadi, ruang rapat, hingga minuman gratis. Coworking space yang dimiliki oleh perusahaan VC East Ventures ini pun kerap menyelenggarakan acara rutin seperti meetup untuk para startup.

Rework Kuningan

Dari seluruh coworking space yang terdaftar dalam tulisan ini, Rework Kuningan bisa dikatakan yang memiliki usia paling muda. Baru didirikan pada bulan April 2017 lalu, Rework Kuningan merupakan cabang dari coworking space Rework Sudirman yang sudah lebih dulu berdiri. Ada empat jenis paket yang disediakan oleh Rework Kuningan, yaitu Rework Connect, Workflex, dan Workdesk untuk Anda yang ingin bekerja secara kolaborasi, serta Private Office yang memiliki suasana lebih personal dan bisa menampung hingga enam belas orang. Beberapa startup yang tercatat sebagai anggota dan alumni Rework adalah SeekMi, Sevva, Nida Rooms, Helpster, Tunai Kita, Xfers dan ada juga Venture Capital seperti Convergence VC.

Selain area kerja yang nyaman, Rework Kuningan juga menyediakan berbagai fasilitas lain seperti koneksi Wi-Fi, ruang rapat, loker, mail handling, ruang khusus untuk melakukan panggilan Skype, pantry, hingga jasa kurir. Dengan tempatnya yang nyaman dan bernuansa homey, Rework Kuningan juga cukup rutin mengadakan berbagai event dengan tema beragam, mulai dari workshop tentang bisnis hingga acara beer-tasting yang memungkinkan para peserta untuk saling menjalin networking.

Itulah beberapa rekomendasi coworking space di kawasan Jakarta Selatan yang bisa Anda jadikan pertimbangan untuk tempat bekerja. Bahkan, tidak hanya bekerja, Anda juga memiliki kesempatan untuk menjalin koneksi dengan banyak orang dari berbagai latar belakang bisnis dan mengikuti event-event yang diadakan oleh pihak coworking space. Dengan begitu, Anda pun bisa belajar, berkolaborasi, berbisnis, sekaligus mengembangkan usaha Anda di satu tempat yang sama.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

wordpress theme by jazzsurf.com