Cara Memilih Coworking Space yang Cocok untuk Startup Anda

By in Blog

Keberadaan coworking space belakangan ini semakin menjamur dan dicari oleh sebagian besar penggerak startup. Coworking space memang kerap berfungsi sebagai kantor alternatif bagi Anda yang sedang merintis sebuah startup. Namun, dengan banyaknya coworking space yang ada sekarang, terkadang memilih salah satu yang cocok untuk kebutuhan startup Anda bisa sangat membingungkan. Jangan khawatir, Anda hanya perlu memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Pastikan Sesuai Kebutuhan

Sebelum memutuskan untuk bergabung ke dalam sebuah coworking space, pastikan Anda sudah mengetahui apa saja yang dibutuhkan dan sesuai dengan tujuan startup Anda. Mengetahui hal-hal tersebut akan sangat membantu Anda untuk menentukan prioritas dan kualitas yang harus dicari dari sebuah coworking space. Misalnya, bisnis Anda mengharuskan untuk menyelenggarakan banyak rapat. Maka, keberadaan ruang rapat dan fasilitas untuk melakukan konferensi via telepon atau video call bisa jadi prioritas utama. Anda bisa membuat sebuah daftar kebutuhan pokok dan keinginan utama dari perusahaan serta pegawai Anda. Gunakan daftar tersebut untuk mengevaluasi potensi coworking space dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan startup Anda,

Pertimbangkan Pula Budaya dari Coworking Space Tersebut

Sebuah survei yang dilakukan oleh Globeforce pada 2014 menemukan bahwa relasi kerja sangat penting bagi peningkatkan kualitas hidup seseorang. Walaupun Anda bekerja dalam coworking space, bukan berarti relasi dan kultur kerja tidak penting untuk dipertimbangkan. Oleh karena itu, ketika sedang mencari sebuah coworking space, temukan pula budaya kerja yang sesuai dengan perusahaan Anda. Bicarakan dengan pegawai atau anggota perusahaan Anda untuk mempelajari budaya kerja startup Anda. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik untuk menentukan pilihan coworking space mana yang sesuai dengan gaya bekerja tim Anda.

Jelajahi Lokasi Coworking Space Sebelum Memilihnya

Ketika sudah mendapatkan kebutuhan, keinginan, dan budaya kerja yang sesuai dengan perusahaan Anda, jangan gegabah dan langsung memilih sebelum Anda mendatangi lokasi coworking space tersebut. Mendatangi lokasi sangat penting karena terkadang jika dilihat dari gambar ataupun melalui website, bisa jadi kenyataannya tidak sesuai dengan yang ditampilkan. Anda juga bisa mencoba bekerja di suatu coworking space selama satu atau dua hari untuk melihat dan merasakan secara langsung. Pastikan kembali fasilitas yang ada dan juga lokasi sekitarnya. Apakah lokasi dan lingkungan tersebut dapat mendukung perkembangan bisnis Anda?

Pikirkan Jangka Panjang

Sebuah coworking space mungkin saat ini sudah cocok untuk bisnis Anda, namun bagaimana untuk tahun depan? Jika startup Anda berkembang, akankah coworking space tersebut mampu menunjang masa depan bisnis yang telah dirancang? Anda pelu memastikan kembali sistem keanggotaan yang berlaku di sana, mulai dari terms & conditions hingga sistem pembayarannya. Anda juga tidak bisa memaksa jika kebutuhan perusahaan tidak cocok lagi dengan coworking space tersebut. Pastikan Anda sudah mengetahui berapa lama Anda akan membutuhkan suatu ruangan, kebutuhan startup, dan juga masa depan startup milik Anda.

Coworking space memang bisa menjadi pilihan tepat untuk startup yang sedang bingung menentukan pilihan antara bekerja di rumah atau kantor konvensional (Baca juga: 4 Tempat Alternatif yang Bisa Dikunjungi Saat Anda Bosan Bekerja di Kantor). Namun, dengan beberapa cara sederhana di atas, semoga Anda bisa menemukan tempat yang tepat untuk mengembangkan startup Anda.

 

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

wordpress theme by jazzsurf.com