3 Entrepreneur yang Memulai Bisnis di Coworking Space dan Kini Sukses Besar

By in Blog

Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika Anda memiliki budget yang terbatas. Mau tidak mau Anda harus cermat dalam mengatur keuangan, terutama untuk biaya operasional. Jika memiliki budget terbatas namun memerlukan tempat yang bisa mendukung aktivitas bisnis, Anda bisa memakai coworking space. Harga yang murah tidak lantas membuat coworking space ini bisa dipandang sebelah mata. Tak sedikit para entrepreneur yang memulai bisnisnya di coworking space namun bisa berkembang menjadi perusahaan sukses hingga sekarang. Berikut tiga di antaranya.

Ezeep

Ezeep merupakan perusahaan yang menyediakan layanan printing untuk membantu perusahaan kecil dan menengah dengan sistem cloud. Pada awalnya, kegiatan bisnis Ezeep dilakukan di dapur milik Sascha, CEO Ezeep. Namun, sering berjalannya waktu, Sascha memindahkan kegiatan operasionalnya di salah satu coworking space di Betahaus. Hari-hari awal diwarnai dengan pencarian dana hingga ia berhasil menggaet dua investor besar untuk pengembangan bisnisnya. Di coworking space, ada banyak para pengusaha pemula yang saling berkumpul. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh Sascha untuk memajukan bisnisnya. Mereka saling bekerja sama untuk memberikan kritik dan saran sehingga masing-masing bisnis bisa semakin berkembang. Hal ini pun dapat mengubah kondisi pasar. Menurut Sascha, pasar adalah hal penting untuk bisnis. Seorang pebisnis harus tahu apa yang dibutuhkan pasar dan menjadikannya sebagai peluang.

Coffee Circle

Coffee Circle bermula dari ide seorang pecinta kopi, Martin Elwert. Perusahaan ini tak hanya mengejar laba, tetapi juga mementingkan misi sosial. Hal ini dibuktikan dengan setiap euro hasil penjualannya yang dialokasikan untuk kegiatan sosial di Ethiopia. Menurut Martin, coworking space mampu menghemat budget-nya karena ia hanya perlu menyewa beberapa meja saja yang diperlukan. Selain itu, karena di sana ada banyak para entrepreneur dengan berbagai latar belakang (baca juga: Tips Networking dengan Sesama Entrepreneur), Martin jadi bisa saling bekerja sama secara mudah dengan mereka. Selain itu, hal ini juga memungkinkannya untuk bertukar pikiran guna mendapatkan ide-ide kreatif. Hingga saat ini, Coffee Circle mempekerjakan 25 orang.

Orderbirs

Orderbirds merupakan perusahaan yang menyediakan beberapa layanan praktis melalui iOS, termasuk payment. Perusahaan ini didirikan oleh Jakob, Sebastian, dan Patrick. Mereka juga memulai bisnisnya di Betahaus. Berkat bantuan dari pemilik Betahaus, ketiganya berhasil berhubungan dengan para investor dan jurnalis untuk membantu mereka melakukan branding. Lambat laun, Orderbirds berhasil mempekerjakan sebanyak delapan karyawan dan ini membuatnya harus menyewa tempat baru yang lebih besar. Hingga saat ini, Orderbirds telah memiliki lebih dari empat puluh karyawan dan beberapa kantor. Meskipun demikian, Jakob tetap membina hubungan baik dengan orang-orang Betahaus.

Coworking space sama sekali bukanlah pilihan yang buruk untuk memulai bisnis (baca juga: Bagaimana Coworking Bisa Membantu Bisnis Anda Sukses?) . Besar tidaknya bisnis bukan dilihat dari mana Anda berasal, tetapi hasil yang telah Anda capai. Jadi, meskipun Anda memulainya di tempat seperti coworking space, Anda pun bisa mengembangkan bisnis sebesar yang Anda mau. Ketiga bisnis di atas telah membuktikannya. Siapa tahu Anda akan mengikuti jejak mereka, bukan?

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

wordpress theme by jazzsurf.com