Tips Memaksimalkan Kerja di Coworking Space

By in Blog

Coworking space dirancang sebagai alternatif tempat kerja yang mampu memberikan suasana unik dan berbeda, mulai dari fasilitas memadai hingga suasana yang mendukung. Namun, produktivitas kerja tetap tergantung kepada masing-masing individu. Meskipun coworking space sudah menyediakan fasilitas yang dapat meningkatkan kreativitas, terkadang masih ada saja hal yang mengganggu produktivitas. Nah, melalui beberapa tips berikut ini, Anda bisa memaksimalkan aktivitas kerja di coworking space.

Jadilah Disiplin

Jika Anda menginginkan sebuah produktivitas kerja, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatur dan menjaga pikiran untuk tetap disiplin. Mengatur sebuah kedisiplinan berarti Anda akan menghabiskan waktu produktif Anda di coworking space tertentu. Ingat pula untuk tidak membuat suara-suara yang terlalu mengganggu. Kebiasaan seperti ini dapat mengganggu pekerja lain yang ada di sekitar Anda. Terapkanlah kedisiplinan tersebut setiap saat demi produktivitas Anda sendiri.

Kenali Wilayah atau Ruang Anda

Ketika bekerja di dalam sebuah coworking space, pastikan Anda mengenali betul apa saja yang ada dan disediakan oleh tempat tersebut. Secara umum, coworking space menawarkan beberapa fasilitas khusus untuk semua anggotanya yang tidak dapat ditemukan di dalam sebuah kantor konvensional, seperti huddle area dan video conferencing. Semua fasilitas  tersebut tentunya akan membantu Anda untuk menghemat banyak hal dalam jangka panjang, baik dalam hal waktu maupun uang. Di dalam coworking space, Anda bisa menggunakan semua fasilitas ini kapan pun sehingga perlu rasanya bagi Anda untuk mengenali ruang kerja Anda.

Berkomunikasilah dengan Rekan Kerja dan Kenali Mereka

Salah satu fungsi utama coworking space adalah membawa masyarakat dari berbagai komunitas ataupun latar belakang ke dalam satu tempat untuk saling berkomunikasi. Melalui tempat itulah mereka dapat terhubung dan menggabungkan gagasan untuk membangun sesuatu yang baru dan luar biasa. Di coworking space, bangunlah ikatan yang kuat dengan tim Anda serta rekan kerja yang ada di sekitar Anda (baca juga: Pentingnya Teamwork dan Kolaborasi). Siapa tahu orang yang duduk di samping Anda bisa menjadi karyawan baru ataupun investor Anda di masa depan. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari banyak hal dari orang-orang yang ada di coworking space tersebut. Hal semacam ini tentunya dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas Anda dan bahkan membantu Anda mendapatkan gagasan atau ide segar untuk bisnis Anda.

Kenali Komunitas Lebih Dekat dari Rekan Kerja Anda

Coworking space sering kali mengadakan banyak events dari komunitasnya dan memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk berhubungan dengan komunitas tersebut. Bergabung dengan beberapa events menjadi salah satu kesempatan Anda untuk mengenalkannya ke dalam komunitas Anda pula. Cara ini efektif untuk mendapatkan akses ke komunitas lain yang lebih baik dari yang sudah ditawarkan oleh coworking space Anda sebelumnya.

Ketika berada di dalam coworking space, pastikan pula Anda sudah dapat menentukan keseimbangan yang tepat antara menjadi sosial ataupun individualis, mengingat Anda juga perlu menerapkan fokus untuk mencapai target perusahaan Anda. Jangan sampai karena terlalu asik bersosialisasi dengan rekan kerja, pekerjaan Anda atau pekerjaan orang lain jadi terhambat dan bahkan diabaikan.

0 Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

wordpress theme by jazzsurf.com